Mengenal Proxy Server Beserta Fungsinya

Pengertian

Proxy server adalah sebuah server (penyedia layanan) yang menjadi perantara (gateway) antara komputer client dengan web server untuk bisa terhubung dengan internet. Bisa dikatakan proxy server sebagai pihak ketiga yang menjembatani setiap perintah yang dilakukan komputer client untuk disampaikan kepada web server. Kemudian web server yang menerima request (permintaan) dari proxy server tadi akan menampilkan request yang dibutuhkan proxy server, dan proxy server melanjutkannya ke komputer client.

Dengan cara kerja seperti ini, otomatis perintah yang dilakukan komputer client tidak akan diketahui oleh web server. Sebab, web server akan mengira perintah yang diterimanya berasal dari proxy server. Itulah kenapa, penggunaan proxy server ini pada umumnya dipakai untuk menyembunyikan identitas komputer client dengan tujuan untuk menghindari pemblokiran akses ke suatu server tertentu.

Karena kadang-kadang, ada web server yang membuat kebijakan dengan memblokir situs-situs tertentu seperti misalnya web server di sebuah sekolah atau di kampus yang memblokir situs-situs jejaring sosial. Akan tetapi, hal ini tidak akan berlaku jika kita menggunakan proxy server. Sebab, yang akan terlihat pada lalu lintas data di web server tersebut, komputer kita tidak sedang melakukan perintah terhubung ke situs-situs jejaring sosial, melainkan yang tampak kita terhubung ke proxy server.


Gambar 1. Mekanisme Proxy Server

Fungsi Proxy Server

Pembahasan di atas hanya salah satu fungsi yang bisa kita dapatkan dari proxy server. Fungsi yang yang tak kalah cukup menarik adalah penggunaan proxy server dapat menghemat penggunaan bandwidth pada suatu jaringan. Ini karena, salah satu fungsi proxy server adalah memiliki mekanisme cache (penyimpanan objek yang pernah diminta komputer client).

Dengan demikian, apabila komputer client ingin membuka kembali objek/situs yang sebelumnya pernah dibuka komputer client, dalam hal ini proxy server tidak perlu melakukan request ke web server lagi, karena objek yang diminta sudah tersimpan data-datanya. Hal ini juga akan mempermudah dan mempercepat terprosesnya perintah dari komputer client.

Selain itu, fungsi lain dari proxy server adalah filtering. Artinya proxy server mampu melindungi kedua belah pihak, baik itu komputer client ataupun web server dari adanya gangguan-gangguan yang bisa membahayakan baik itu yang berasal atas perintah komputer client, ataupun yang berasal dari jaringan luar. Misalnya mencegah mengakses situs-situs yang mengandung konten-konten yang tidak diinginkan/berbahaya, seperti mengakses situs yang mengandung virus, konten porno, trojan, dan lain-lain.

Ada beberapa proxy server yang cukup terkenal yang bisa anda gunakan, diantaranya : http://webproxy.to/, http://aliveproxy.com/, http://free-proxyserver.com/, https://www.proxyserver.com/, dan masih banyak lagi tinggal anda searching di google akan banyak menampilkan penyedia proxy server gratis.

Kelemahan

Kekurangan penggunaan proxy server pada suatu jaringan adalah menciptakan proses yang panjang sehingga memerlukan waktu yang cukup lama untuk menampilkan perintah komputer client jika perintah tersebut tidak pernah dilakukan sebelumnya.

Misalnya ingin membuka situs yang baru. Maka harus melalui mekanisme seperti biasa, dari komputer client menuju proxy server, lalu dari proxy server ke web server. Balik lagi dari web server ke proxy server, barulah perintah komputer dapat tampil. Tentunya apabila perintah tersebut sudah pernah dijalankan sebelumnya, maka tidak perlu menunggu waktu yang lama untuk menampilkannya.

Kelemahan yang lain, apabila proxy server tidak melakukan update cache atas data-data yang tersimpan. Maka data yang akan ditampilkan manakala komputer client melakukan perintah/request data tersebut maka yang akan diterima masih menggunakan data yang belum update.

Oleh : Roma Doni
Referensi :
1. http://www.kajianpustaka.com/2013/09/pengertian-manfaat-dan-fungsi-proxy.html
2. http://www.patartambunan.com/pengertian-proxy-dan-kegunaan-proxy-pada-jaringan-internet/
3. http://www.kamusq.com/2013/09/proxy-server-adalah-pengertian-dan.html
Referensi Gambar :
1. http://www.patartambunan.com/pengertian-proxy-dan-kegunaan-proxy-pada-jaringan-internet/

Post a Comment

Previous Post Next Post