Cara Membuat Kabel Jaringan UTP Straight dan Cross

Untuk membuat komputer atau laptop kita terhubung online dengan jaringan internet kita harus membuat kabel jaringan UTP Straight dan Cross.

Untuk membuat kabel jaringan ini ada beberapa alat yang kita butuhkan, yaitu:

1. Kabel UTP ( Unshielded Twisted Pair)

Di dalam kabel UTP ini terdapat 8 buah kabel kecil yang berbeda warna, warna tersebut yaitu Orange, Orange Putih, Biru, Biru Putih, Hijau, Hijau Putih, Coklat, dan Coklat Putih.


Gambar 1. Kabel UTP

2. Konektor RJ-45

Konektor RJ-45 ini adalah alat yang kita pasang di ujung kabel UTP, supaya kabel bisa terhubung ke port LAN. Bentuknya sama dengan jack telepon rumah cuma lebih besar.


Gambar 2. Jack RJ-45

3. Tang Crimping / Crimping Tools

Tang Crimping ini bentuknya hampir sama dengan tang pada umumnya,hanya fungsinya saja yang berbeda. Tang ini kita gunakan untuk menjepit atau menekan konektor RJ-45 dan memotong kabel UTP.


Gambar 3. Tang Crimping/Crimping Tools

4. LAN Tester

LAN Tester ini digunakan untuk mengecek hasil crimpingan kita. Jika lampu indikator tidak menyala, itu berarti crimpingan kita salah. Jika benar, lampu akan menyala.


Gambar 4. Lan Tester

Membuat Kabel UTP

a. Kabel UTP Straight

Kabel UTP Straight adalah kabel yang cara pemasangan kedua ujungnya sama, digunakan untuk menghubungkan dua device yang berbeda. Misalnya menghubungkan komputer dengan switch, menghubungkan switch dengan router, menghubungkan komputer dan lan pada modem, menghubungkan hub dan router, dan menghubungkan router dengan modem.

Cara membuat Kabel UTP Straight

Pertama-tama buka bagian ujung kabel UTP sepanjang +/- 2 cm. Luruskan, pisahkan sesuai warna, rapikan ujung kabelnya, hingga rata satu sama lain. Urutan warna untuk UTP Straight, Orange Putih, Orange, Hijau Putih, Biru, Biru Putih, Hijau, Coklat Putih, dan Coklat. Masukkan sampai mentok kabel-kabel kecil ke RJ-45 sesuai dengan urutan warna. Sesudah itu masukkan konektor ke mulut tang crimping, tekan tang sampai terdengar bunyi “klik”.


Gambar 5. Posisi Kabel UTP Straight

b. Kabel UTP Cross

Kabel UTP Cross adalah kabel yang pemasangan kedua ujungya berbeda. Gunanya untuk menghubungkan dua device yang sama. Misalnya, menghubungkan 2 buah komputer, menghubungkan 2 buah swicth, dll.

Cara membuat Kabel UTP Cross

Pada dasarnya pembuatannya sama saja dengan UTP Straight hanya susunan kabel kecilnya saja yang berbeda. Untuk kabel di ujung pertama susunan kabelnya sama dengan yang tadi, untuk yang ke dua urutan warnanya adalah Hijau Putih, Hijau, Orange Putih, Biru, Biru Putih, Orange, Coklat Putih, Coklat.


Gambar 6. Susunan Kabel UTP Cross

Setelah selesai membuat kabelnya sekarang waktunya kita tes menggunakan LAN Tester. Masukkan ujung kabel/konektor rj-45 ke masing-masing port LAN Tester yang tersedia. Anda harus memastikan semua lampu indikator menyala dari angka 1 sampai 8. Jika semua lampu menyala berarti anda berhasil membuat kabel UTP Straight dan Cross. Sekian semoga bermanfaat.

Oleh: Nora


1 Comments

Post a Comment

Previous Post Next Post