Definisi : Apakah Network Bandwidth?

Network bandwidth mengacu kepada kapasitas data yang mampu disalurkan oleh media transmisi ketika suatu komunikasi data terjadi antar komponen pada suatu sistem digital.

Apabila pengertian di atas masih terasa rumit, mari kita analogikan sistem network dengan sistem penyaluran air dari tower sumber air, katakanlah milik PDAM Kota, ke rumah kita.

Bagaimanakah air dari PDAM sampai di rumah kita? 

Jawabnya tentu sederhana. Air disalurkan melalui instalasi pipa air ke rumah kita dari sebuah sumber air milik PDAM. Agar bisa disalurkan harus ada tekanan yang cukup sehingga memungkinkan air bisa mengalir dan sampai ke tempat tujuan. Tekanan bisa diperoleh dengan menggunakan gravitasi, dengan cara menyimpan air terlebih dulu di tower penampungan.

Lalu, Bagaimana sistem kerja network bisa sama dengan penyaluran air kota?

Suatu network bekerja dengan cara yang hampir sama dengan sistem penyaluran air ini. Begini penjelasannya:

  • Data sama dengan air, yaitu sesuatu yang hendak dikirm atau disalurkan
  • Media transmisi adalah pipanya. Media fisik dimana data bisa bergerak. Media transmisi data bisa berupa kabel ( wired ) dan bisa juga nirkabel ( wireless ).
  • Komponen digital sama dengan tower PDAM dan rumah. Komponen digital pada sistem network bisa berupa PC, Laptop, Handphone, Access Point, dll.
Jadi pada sistem network sebuah alat mengirimkan data ke alat lainnya melalui suatu media transmisi tertentu. Seperti anda ketahui pada sistem penyaluran air, pipa memiliki kapasitas tertentu dalam menyalurkan air. Hal ini juga berlaku pada media transmisi data pada network. Kapasitas maksimum yang bisa disalurkan oleh media transmisi inilah yang dinamakan dengan network bandwidth. Satuan network bandwidth adalah bps ( bits per second ), yang sebenarnya lebih tepat di sebut bitsrate.

Apakah yang menentukan besar atau kecilnya bandwidth sebuah media transmisi?

Untuk menjawab ini, mari kita lihat lagi sistem penyaluran air. Apa yang membatasi pipa dalam menyalurkan air? Mungkin ada beberapa penyebab untuk ini. Salah satunya anda mungkin akan menjawab ukuran pipa. Jadi ada karakteristik fisik tertentu yang menentukan kapasitas pipa.

Jawaban yang sama juga berlaku pada network. Media transmisi data baik itu kabel atau nirkabel memiliki karakteristik fisik tertentu yang membatasi besarnya data yang dapat disalurkan. Apabila pipa air mungkin dibatasi oleh ukurannya, maka media transmisi data dibatasi oleh frekuensi bandwidth yang dimilikinya. Frekuensi bandwidth ini proporsional dengan network bandwidth yang dimiliki suatu media transmisi. Ukuran frekuensi bandwidth adalah dalam hertz.

Wireless Bandwidth

Pada saat transmisi data antara dua alat network terjadi melalui media wireless ( tanpa kabel ), data dikirimkan melalui media sinyal radio dengan frekuensi tertentu. Wireless bandwidth, bisa kita definisikan sebagai kapasitas max transmisi data yang bisa dilalui pada frekuensi tersebut. Seperti penjelasan sebelumnya, wireless bandwidth tergantung dari besar frekuensi sinyal yang di milikinya.


Untuk implementasi konsep pada postingan ini, baca juga:
10 Gadget 4G LTE yang Harus Jadi Pertimbangan Anda

Post a Comment

Previous Post Next Post