Masalah Besar Membeli Smartphone Adalah Memilihnya

Memilih smartphone yang tepat bukanlah tentang bagaimana mengetahui kebutuhan, memahami spesifikasi teknis ataupun yang lainnya. Memilihnya sebuah produk dari puluhan ribu yang tersedia, itulah  masalah terbesar yang sesungguhnya. 







Anda tidak percaya? Mari simak pengalaman saya

Saya adalah orang yang tidak ingin terikat pada suatu merk. Artinya, Saya tidak mau beli hanya karena sebuah produk 'punya nama bagus'. Itu sudah prinsip hidup.

Lalu ceritanya, saya butuh handphone baru. Jenis smartphone. Menggantikan handphone lama saya yang sudah agak ketinggalan zaman dengan teknologinya yang belum mampu browsing. Kebutuhan menuntut saya. Sebab si Bos, menginginkan saya hadir di group WhatsUp kantor. Jadi saya terpaksa berganti HP.

Saya ingin smartphone yang akan saya pakai ini punya 'kualitas dan performance bagus', dan kalau bisa harganya jangan terlalu mahal. Bagi saya fungsi adalah segalanya.

Jadi, beberapa waktu yang lalu saya mencoba mencari tahu tentang 'bagaimana memilih smartphone'. Tepatnya bagaimana memilih smartphone yang 'bagus dan murah'.

Singkat kata, saya memperoleh banyak informasi dan pencerahan. Namun kebanyakan informasi yang terkumpul bertema teknis dan tujuan pembelian smarphone.  

Namun kenyataanya memilih smartphone yang sesuai dan cocok dari semua aspek, saya dapati tidaklah mudah. Mengetahui kebutuhan saya dan spesifikasi teknis yang diinginkan ternyata tidak cukup. Bukan itu masalahnya.

Saya menemukan hal tersulit untuk memilih smartphone adalah karena kita harus mencari satu produk dari sekian puluh ribu yang tersedia. Memilih smartphone seumpama mencari jarum dalam tumpukan jerami. Itu masalahnya.

Bagaimana saya bisa menyimpulkan demikian? 

Ada ceritanya, tapi sebaikya saya jelaskan dulu kepada anda kebutuhan saya untuk smartphone yang akan dibeli ini.

# Kriteria Smartphone Yang Akan Saya Beli

Sudah saya singgung di atas, saya mau memilih smartphone yang 'sesuai dan berkualitas'. Beberapa saran atau tips memilih smartphone yang saya temukan mengatakan bahwa saya harus list kebutuhan saya. Jadi itu saya coba ikuti saja. Berikut list kebutuhan saya:
  1. Harga maksimum: Rp. 4.000.000,-
  2. Penggunaan: facebook, twitter, sms, nelpon, email, browsing dan messager. Jadi standard saja.
  3. Game: tidak perlu ( kebetulan lagi bosan main game ).
  4. Nonton Video: tidak perlu ( makan kuota internet terlalu banyak )
  5. Audio: tidak perlu
  6. Merk: Apa saja, yang penting kualitas bagus.
  7. Warna: Apa saja, bebas.
Anda lihat, saya rasa keinginan saya sederhana dan biasa-biasa saja. Namun keinginan yang sederhana ini telah membawa saya berhari - hari menelusuri informasi di dunia maya.

Anda tahu?

Hasilnya nihil.

Saya lanjutkan. Berbekal data-data ini, saya cobalah untuk mencari smartphone yang sesuai.

Saya coba mulai dengan salah satu situs lokal online shopping terkenal. Saya buka websitenya dan langsung masuk pada halaman kategori handphone & tablet.

# Mencari Smartphone pada Online Shopping

Setelah halaman handphone & tablet terbuka, saya melihat banyak sekali produk-produk handphone yang tersedia. Beraneka ragam merk dan jenis yang tersedia. Dugaan saya, ada puluhan ribu banyaknya handphone tersedia dan saya harus memilih salah satunya.

Insting saya mengatakan saya harus menyaring produk-produk ini. Berdasarkan list kebutuhan yang telah saya buat sebelumnya.

Kemudian, saya mencari fungsi filter pada website online shooping tersebut. Saya menemukannya, tetapi fungsi filter situs online shopping tersebut tidak sama persis dengan list kebutuhan yang saya buat. 

Berikut kriteria yang bisa difilter pada online shopping tersebut:

  • Brand/Merk
  • Harga Maksimum dan Minimum
  • Warna
  • Produk Baru, Produk Terlaris, dan Produk Promo
  • Kapasitas Penyimpanan 
  • User Rating

Dibandingkan dengan list kebutuhan saya, maka praktis yang bisa saya filter cuma harga maksimum saja. Online Shopping ini tidak peduli produk smartphonenya mau digunakan untuk keperluan apa. Menurut saya itu masuk akal mereka lakukan. Sebab bisa merugikan penjualan mereka.

Namun pencarian smartphone ini tetap saya lanjutkan. Saya coba masukkan kriteria harga yang saya miliki, yaitu maksimum harga Rp. 4,000,000,-  . Lalu klik pencarian. Berapa detik kemudian hasil ditampilkan. Hasilya Ada 9098  produk smartphone. Tidak bagus, masih terlalu banyak.

Saya berpikir, saya harus mengurangi jumlah pilihan yang masih ribuan ini. Kemungkinan saya adalah dengan menambahkan kriteria lain untuk di filter. Saya tidak mau mengorbankan kualitas. Saya tidak mau terjebak sama brand. Warna bagi saya tidak penting dan juga saya tidak percaya pada user rating. Saya mau smartphone yang secara teknis berkualitas dan harganya maks Rp. 4,000,000, titik.

Dengan demikian, satu-satunya kritera filter yang bisa saya tambahkan hanyalah kapasitas penyimpanan smartphone. Sebab hanya kapasitas penyimpanan yang menurut saya akan berpengaruh pada performance smartphone.

Tetapi masalahnya, bagaimana saya harus memutuskan kapasitas penyimpanan pas untuk saya? Saya segera menyelidikinya.

Menentukan Kapasitas Penyimpanan Smartphone 

Saya menemukan bahwa kapaitas penyimpanan smartphone ada tiga tipe. Eksternal Memory Internal Memory, RAM dan ROM.  

Lalu bagaimana pula kapasitas penyimpanan ini bisa berpengaruh pada performance sebuah smartphones? Apakah memang ada pengaruhnya? Saya HARUS mencari tahu lagi.

Saya searching, dari beberapa sumber terpercaya. Mempelajari dan akhirnya saya mendapatkan kesimpulan berikut:

  • Eksternal memory, adalah sebuah kartu dengan ukuran lebih kecil dari kartu handphone yang biasa kita miliki. Jenis kartu ini dinamakan microSD. Umumnya eksternal memory digunakan untuk menyimpan data seperti gambar, video, file dan lain-lain. Kapasitas eksternal memory berkisar antara 32GB - 128 GB saat sekarang.
  • Internal memory,  adalah suatu media penyimpan data di dalam handphone yang juga berfungsi menyimpan data seperti eksternal memori. Namun bedanya, internal memory bisa menyimpan data sistem. Jadi aplikasi - aplikasi yang anda gunakan, seperti facebook, BBM, games dan yang lainnya disimpan disini. Walaupun ada beberapa smartphone yang mendukung penyimpanan aplikasi sistem pada eksternal memory, tapi itu tidak banyak. Kebanyakan smartphone memiliki internal memory sebesar 4GB saat sekarang ini
  • RAM ( Random Access Memory ), adalah tempat penyimpanan sementara data-data yang akan diproses oleh prosesor smartphone. Maksudnya begini, misalkan anda membuka sebuah game pada smartphone anda. Untuk memproses data-data game tersebut, data ditransfer dulu ke dalam RAM. Setelah ada dalam RAM, baru data itu bisa diproses. Prosesor hanya bisa mengambil data dari RAM.
  • ROM ( Read Only Memory ),  adalah tempat penyimpanan data-data yang akan diakses/digunakan saat smartphone sedang dinyalakan ( saat loading waktu anda menghidupkan smarphone ), termasuk operating system. Data-data dalam ROM tidak berubah. Sebab digunakan hanya saat kita mengaktifkan smartphone. Ini definisi paling sederhana yang bisa saya berikan.

Sekarang, saatnya menyimpulkan dari informasi kapasitas penyimpanan smartphone yang saya temukan tersebut.

Logika saya mengatakan bahwa eksternal memory tidak begitu penting. Toh, saya tidak akan banyak menyimpan gambar-gambar, file, maupun video. Jadi eksternal memory saya abaikan saja. Kapasitas 8 GB juga cukup buat saya.

Namun, sepertinya untuk internal memory dan RAM dibutuhkan. Sebab, saya pikir nantinya akan banyak aplikasi yang akan di install. Namun, beda harga smartphone dengan internal memory 16 GB dan 32 GB bila dibandingkan cukup jauh. Jadi saya tetapkan saya butuh yang 16 GB saja. Standard saja. Namun kalau budget cukup nantinya, baru lompat ke 32 GB.

Lalu RAM. Saya berpikir RAM harus diperhatikan. Bagaimanapun, akan banyak aplikasi-aplikasi yang akan berjalan paralel atau bersamaan nantinya. Ini pasti membutuhkan RAM yang cukup besar juga. Lalu berapa RAM yang saya butuhkan?

Informasi yang didapatkan, sekarang maksimum RAM smartphone adalah 16 GB, minimum sepertinya ada yang 512 MB. Dari informasi yang saya dapatkan, smartphone dengan RAM 4GB sudah sangat bagus untuk games. Karena kebutuhan saya bukan untuk main games, jadi RAM 3GB atau bahkan 2 GB sepertinya cukup. Kalau budget berlebih, baru naik ke 4GB. 

Sekarang bagaimana dengan ROM? Jawabnya saya tidak terlalu butuh ROM. Saya tidak akan sering restart handphone. Jika memang restart, nunggu sebentar juga tidak apa-apa. Jadi ROM standard atau bebas saja. Operating system juga tidak akan butuh upgrade terlalu sering.

Jadi, diperolehlah kesimpulan untuk kapasitas memory sebagai berikut:

  • Eksternal Memory: 8 GB
  • Internal Memory: 16 GB - 32 GB
  • RAM: 3 GB - 4 GB
  • ROM: standard-standar sja

Ok, sekarang saya kembali ke website online shopping tadi. Selain harga, sekarang saya sudah memiliki data kapasitas memory atau penyimpanan yang dibutuhkan.

Ada masalah besar saat saya akan memasukkan kriteria kapasitas memori ini. Coba anda lihat \ gambar fungsi filter yang ada pada situs online shopping ini:

Snapshot - Fungsi Filter Kapasitas Penyimpanan Online Shopping A

Saya pikir fungsi filter pada situs sungguh membuat orang kebingungan. Anda bisa lihat pada lingkaran merah yang saya beri tanda. Ada 3 filter untuk tulisan '16GB', dan maksud 16 GB nya juga tidak jelas. Apakah untuk eksternal memory, internal memory atau RAM. Formatnya, pun seperti anda lihat, tidak konsisten.

Saya mengambil kesimpulan bahwa pada situs ini saya tidak bisa memilih atau mencari smartphone yang saya inginkan. Saya coba cari di situs online shopping lainnya.

Setelah memilih situs yang cukup besar juga di indonesia. Namun, saya tetap tidak menemukan apa yang saya cari karena fungsi filternya tidak lengkap. Berikut snapshot filter di situs ini:


Snapshot - Fungsi Filter Situs Online Shoping B

Tidak ada fungsi filter untuk kapasitas memory atau penyimpanan pada situs ini.

Pada titik ini saya berpikir sejenak. Di dalam benak saya timbul pertanyaan, apakah ada seseorang yang telah membuat data lengkap semua smartphone yang ada sehingga saya bisa melakukan filter untuk kriteria yang saya butuhkan?

Saya mencoba mencarinya di mesin google. Tapi saya tidak menemukannya.

Sehingga akhirnya saya menemukan bahwa apabila anda ingin memilih smartphone yang tepat, yang sesuai dengan semua kriteria - kriteria anda dan anda ingin memilihnya dari semua kemungkinan produk smartphone yang ada, itu tidak mungkin. Toolsnya belum ada. 

Jangan buang waktu anda untuk hal tersebut. Pengalaman saya telah membuktikannya. Namun apabila ternyata ada cara untuk ini, saya berharap anda bisa bagi ke saya.

Anda tetap bisa mendapatkan produk yang sesuai keinginan anda, namun dengan konsekuensi masih ada kemungkinan di luar sana ada produk yang ternyata lebih baik dan juga mungkin lebih murah :). Sebab anda tidak bisa memilih sebuah produk dari seluruh semesta yang ada.







Post a Comment

Previous Post Next Post