Install WINE di LINUX

assalamualaikum wr. wb.
        kali ini saya akan share tentang cara instal wine, sebelumnya kita harus mengerti dulu tentang pengertian dan fungsi - fungsi wine, karena menurut saya wine merupakan suatu alat yang sangat berguna untuk pengguna linux yang masih awam
logo wine
logo wine
        Wine merupakan sebuah proyek yang bertujuan untuk membuat agar sistem operasi bertipe Unix (Unix-like) dan sistem X-Windows yang berjalan pada suatu komputer pribadi dapat menjalankan program yang khusus dibuat untuk Microsoft Windows. Alternatifnya, mereka yang ingin melakukan pemangkalan (porting) suatu aplikasi Windows ke sistem Unix-like dapat melakukan kompilasi melalui pustaka Wine dalam bentuk Winelib.
          Nama "Wine" merupakan akronim dari Wine Is Not An Emulator (Wine bukanlah emulator) dan kadang disebut juga sebagai Windows Emulator. Walaupun nama ini juga muncul dalam bentuk "WINE" dan "wine", pengembang proyek ini telah menyepakati untuk melakukan standardisasi nama dan menyebutnya sebagai "Wine".
         Wine adalah perangkat lunak bebas yang dirilis di bawah lisensi GNU Lesser General Public License (LGPL). Proyek Wine pada mulanya merilis Wine di bawah lisensi MIT sama seperti sistem X-Windows, tetapi pada Maret 2002 menggunakan LGPL sebagai lisensinya.
Pengembang Wine merilis versi beta yang pertama (Wine versi 0.9) pada 25 Oktober 2005 setelah 12 tahun pengembangan. Dan baru -baru ini Wine sendiri telah merilis versi 1.7.45 .
          Wine adalah aplikasi pembantu linux yang berfungsi untuk membantu anda jika ingin menjalankan aplikasi windows di linux (bukan dual boot atau virtual PC). Format aplikasi windows adalah .exe (mungkin yang lain tidak).

CARA INSTAL :

  1. Buka Terminal
    terminal linux
    terminal
  2. tambahkan repository WINE dengan perintah sebagai berikut :
    "sudo add-apt-repository ppa:ubuntu-wine/ppa"
    repository-ppa wine
    add ppa
  3. updatelah repository stelah menambahkan repository tadi dengan perintah : "sudo apt-get update"
    update repository
    update repository
  4. lalu download dan install WINE menggunakan perintah : "sudo apt-get install wine"
    Installasi WINE
    proses install
  5.  selesai WINE siap digunakan




Sumber :
https://id.wikipedia.org/wiki/Wine_(perangkat_lunak)
http://mikrotikindo.blogspot.co.id/2013/07/cara-menjalankan-winbox-mikrotik-Linux-Mint-ubuntu.html

Post a Comment

Previous Post Next Post