Instalasi Moodle

assalamualaikum wr. wb. 
kali ini saya akan share tentang cara install moodle
 

A. Pengertian
 

MOODLE (singkatan dari Modular Object-Oriented Dynamic Learning Environment) adalah paket perangkat lunak yang diproduksi untuk kegiatan belajar berbasis internet dan situs web yang menggunakan prinsip social constructionist pedagogy. MOODLE merupakan salah satu aplikasi dari konsep dan mekanisme belajar mengajar yang memanfaatkan teknologi informasi, yang dikenal dengan konsep pembelajaran elektronik atau e-learning. Moodle dapat digunakan secara bebas sebagai produk sumber terbuka (open source) di bawah lisensi GNU. Moodle dapat diinstal di komputer dan sistem operasi apapun yang bisa menjalankan PHP dan mendukung database SQL.
Di dunia e-learning Indonesia, Moodle lebih dikenal fungsinya sebagai Course Management System atau "Learning Management System" (LMS). Dengan tampilan seperti halaman web pada umumnya, Moodle memiliki fitur untuk menyajikan kursus (course), dimana pengajar bisa mengunggah materi ajar, soal dan tugas. Murid bisa masuk log ke Moodle kemudian memilih kursus yang disediakan atau di-enroll untuknya. Aktivitas murid di dalam Moodle ini akan terpantau progress dan nilainya. Di Indonesia sendiri, diketahui bahwa Moodle telah dimanfaatkan untuk sekolah menengah, perguruan tinggi dan perusahaan.
Sebagai LMS, Moodle memiliki fitur yang tipikal dimiliki LMS pada umumnya ditambah beberapa fitur unggulan. Fitur-fitur tersebut adalah:
  •     Assignment submission
  •     Forum diskusi
  •     Unduh arsip
  •     Peringkat
  •     Chat
  •     Kalender online
  •     Berita
  •     Kuis online
  •     Wiki
Developer dapat meningkatkan konstruksi modular Moodle dengan menciptakan plugin untuk fungsi-fungsi baru yang lebih spesifik. Infrastruktur Moodle mendukung banyak tipe plugin seperti:
  • aktifitas (termasuk permainan matematika dan kata)
  • jenis-jenis sumber daya
  • jenis-jenis pertanyaan (pilihan berganda, benar dan salah, mengisi titik-titik, dll
  • jenis-jenis pengisian data (untuk aktifitas database)
  • tema bergambar
  • metode autentikasi (yang membutuhkan akses menggunakan username dan password)
  • metode pengambilan pembelajaran
  • penyaring konten
Banyak sekali plugin pihak ketiga Moodle yang dapat dicari secara gratis untuk membuat infrastrukturnya

B. Latar Belakang
Saat ini, ketergantungan dunia pendidikan terhadap e-learning sudah makin nyata. Hal ini terbukti dengan banyaknya lab bahasa yang menggunakan elektronik sebagai media utamanya. Pembelajaran bahasa Indonesia merupakan salah satu subsistem yang tidak terlepas dari arah perubahan yang disebabkan oleh kehadiran e-learning. Berbagai macam strategi dan metode pembelajaran sudah dilakukan tetapi belum tercapai pembelajaran yangmemerdekakan siswa. Luasnya penguasaan ilmu pengetahuan pada siswa perlu terus dikembangkan secara mandiri. Dengan ditrapkannya e-learning di dunia pendidikan diharapkan akan menjadi alternatif untuk siswa untuk mengembangkan ilmu dan pengetahuannya secara lebih luas. Siswa dapat belajar lebih bebas dan mandiri sehingga tujuan pendidikan dapat tercapai dengan baik.

C. Maksud dan Tujuan
  • Dapat memahami pengertian dan fungsi Moodle
  • Dapat melakukan konfigurasi Moodle
D. Alat dan bahan
  • PC/Laptop
  • Server yang terinstall moodle
E. Tahap dan Langkah Kegiatan
1. Pastikan anda sudah menginstall LAMP (Linux, Apache, Mysql, Phpmyadmin ). pada PC Server yang anda gunakan.

2. Cek apakah PC anda sudah terhubung dengan PC Server. 

3. Setelah terhubung, kita masuk pada direktori tempat menyimpan file moodle yang kita miliki lalu kirim ke server 
# scp moodlee-latest-31.zip root@[ip server]:var/www/html
lalu masukkan password dan tunggu hingga proses pengcopyan fle selesai

 6. Setelah selesai mencopy file kita remote server melali PC Client dengan menggunakan SSH seperti berikut :
 # ssh root@[ip server]
7. Kemudian kita masuk pada direktori dari file moodle yang telah kita copykan dari PC Client yaitu pada direktori (/var/www/html)
# unzip moodlee-latest-31.zip
8. Jika telah selesai di extract maka akan isi moddle akan muncul dengan sebuah direktori ddengan nama moodle, ubah hak akses folder yang terdapat file moodle tersebut dengan menggunkan perintah berikut 
#chown -R www-data:www-data moodle

9. Setelah itu kita pindah menuju direktori /var, lalu kita buat direktori dengan nama "moodledata" yang akan digunakan sebagai tempat data-data moodle disimpan, untuk membuat direktori ketikkan perntah seperti berikut.
# mkdir moodledata
 
10.  Ubahlah hak akses dari folder agar user dapat mengubah.
 # chmod 755 moodledata
 
11. Ubah juga kepemilikannya (owner) pada folder tersebut, menjadi milik www-data dan grub www-data dengan mengetikkan perintah berikut.

12. Langkah berikutnya adalah membuat sebuah database baru yang nantinya akan digunakan oleh Moodle dalam menyimpan datanya. Untuk membuat sebuah database baru, pertama kita akses dulu phpMyAdmin kita dengan mengetikkan "alamat_ip_server/phpmyadmin" pada web browser kita. contoh :
192.168.99.1/phpmyadmin
Selanjutnya masuklah dengan mengisi Username dan Password dari database anda.
13. Setelah berhasil masuk pada pengaturan database kita, buatlah database baru dengan mengklik "New" pada simbol database. Kemudian pada kolom "Buat basis data" isikan nama detabase yang akan kita buat, jika sudah klik buat untuk membuatnya.
14. Jika sudah selesai membuat databasenya kita install moodle dengan mengetikkan perintah seperti berikut pada web browser :
192.168.107.2/moodle
maka akan muncul halaman instalasi moodle seperti di bawah ini.
 
Pada kolom "Language" pilih dengan bahasa yang ingin anda gunakan untuk instalasi ini. Kemudian klik "Next" untuk melanjutkan.

15. Selanjutnya, pada kolom Web address dan Moodle directory akan terisi secara otomatis. Sedangkan pada "Data directory", arahkan ke folder yang telah kita buat tadi yaitu di "/var/moodledata". Klik "Next" untuk melanjutkan.
 
 
16. Kemudian akan muncul halaman pengaturan dabatabase. Untuk "Type" dari databasenya, karena saya menggunakan MariaDB jadi saya pilih saja typenya MaridaDB. Klik "Next" untuk melanjutkan.


17. Pada halaman pengaturan selanjutnya, untuk bagian "Database host" masukkan dengan "localhost", untuk bagian "Database name" masukkan dengan nama database yang telah kita buat yaitu "moodle", untuk bagian "Database pasword" masukkan dengan password dari database anda. Untuk yang lainnya bisa anda biarkan saja. Klik "Next" untuk melanjutkan.
18. Pada baigan License dan hak cipta dari Moodle ini, klik saja "Continue" untuk melanjutkan.
 

19. Pada pengecheckkan packet-packet yang diperlukan dalam penginstallan moodle, pastikan bahwa status packetnya "ok semua" seperti di bawah ini. Kemudian klik "Continue" untuk melanjutkan proses instalasi.

20. Tunggu hingga proses instalasi selesai, pastikan bahwa status instalasinya "Success semua" seperti pada gambar dibawah ini. Klik "Continue" untuk melanjutkan.




 


21. Masukkan data diri untuk user anda sesuai yang diperintahkan, untuk yang bertanda (*) wajib di isi. Sedangkan untuk penulisan password harus minimal 8 karakter dan terdapat kombinasi huruf besar, huruf kecil, angka dan simbol. Jika sudah terisi semua, klik "Update Profile".

22. Pada halaman pengaturan selanjutnya, yaitu "Front page setting". Masukkan nama situs/domain untuk Elearning ini pada bagian "Full site name" dan pada bagian "Short name for site", bisa anda masukkan dengan nama pendek dari doamain anda. Klik "Save Changes" untuk menyimpan pengaturan anda.
23. Selesai, pada tampilan berkut ini menandakan anda berhasil melakukan penginstalan dan telah login dengan user yang anda buat selama proses penginstalan.

F. Kesimpulan
Dengan menggunakan CMS Moodle sebagai sarana pembelajaran elektronik dapat memudahkan proses belajar mangajar dalam jangkauan yang dekat maupun jauh.

G. Referensi
https://id.wikipedia.org/wiki/Moodle
http://widuri.raharja.info/index.php/Pembelajaran_E-learning

Post a Comment

Previous Post Next Post