Tips Memperkuat dan Memperluas Jangkauan Jaringan Wireless

Untuk mendapatkan kenyamanan dalam berkoneksi internet tentu harus di dukung dengan kekuatan sinyal jaringan yang baik. Apabila anda terkoneksi dengan jaringan wireless biasanya sering dihadapkan dengan kekuatan sinyal jaringan yang berubah dan tidak stabil. Apalagi jaringan wireless memiliki keterbatasan jangkauannya, sehingga jika anda tidak berada dekat dengan router wirelessnya tentunya koneksi internet anda akan lemot dan keadaan itu jelas sangat menjengkelkan.

Permasalahan jaringan wireless yang sinyalnya sering berubah dan tidak stabil tersebut perlu kita kenali beberapa faktor penyebabnya :

  • Di sekitar tempat tersebut ada lebih dari satu router nirkabel yang memiliki antena omni-directional sehingga di mana-mana tersebar sinyal yang akan mengurangi kekuatan sinyal untuk mencapai antena wireless anda.
  • Router nirkabel wireless anda tidak berada pada posisi garis pandang antena transmisi
  • Faktor lingkungan seperti cuaca yang buruk (hujan deras), banyaknya hambatan seperti pepohonan dan bangunan di sekitar pemancar dan router nirkabel anda.

Biasanya kebanyakan orang jika mengetahui sinyal wirelessnya buruk akan berusaha mengubah tempat router wireless dan memindahkan-mindahkan router wireless tersebut sampai mendapatkan kekuatan sinyal yang lebih baik. Selain cara tersebut, sebenarnya ada beberapa cara yang dapat anda tempuh untuk memperkuat sinyal wireless sekaligus memperluas jangkauannya.


  • Pastikan anda memakai perangkat wireless access point yang berkualitas dan bermutu. Kualitas perangkat wireless access point juga memengaruhi kekuatan sinyal dan jangkauan jaringan yang mampu dihasilkannya.
  • Hindarkan router nirkabel dari benda-benda logam di dekatnya. Sebab benda-benda logam dapat mengganggu kestabilan sinyal jaringan wireless. Selain benda logam juga jauhkan dari benda-benda elektronik lainnya seperti microwave. Sebaliknya kalau bisa mendekatkan router nirkabel pada cordless telepon yang berfrekuensi 5.8GHz atau 900Mhz, ini akan menguatkan sinyal wireless anda.
  • Coba menempatkan router nirkabel pada ketinggian tertentu agar dapat menerima banyak sinyal yang diserap dari antena.
  • Jika anda menggunakan router nirkabel yang memakai antena bertipe omni-directional, gantilah antena tersebut dengan antena yang bertipe hi-gain, karena antena jenis ini akan memfokuskan dan mengarahkan sinyal nirkabel pada satu arah. Berbeda dengan antena omni directional yang memancarkan sinyal ke seluruh penjuru router, sehingga kekuatan sinyal menjadi lemah.
  • Apabila anda memiliki lebih dari satu komputer di rumah atau jaringan wireless tersebut digunakan oleh banyak perangkat perlu bagi anda untuk menambahkan repeater. Repeater adalah alat penguat sinyal yang bekerja pada layer fisik jaringan. Posisikan repeater tersebut diantara jalur access point dan perangkat komputer anda. Namun beberapa access point juga ada yang telah menyertakan repeater di dalamnya, seperti Edimax 7206Apg, Senao Engenius ECB/EOC 3220, dan Zinwel ZW2194.
  • Driver adapter jaringan nirkabel wireless juga perlu diperhatikan, yaitu dengan meng-upradenya secara teratur, kadangkala produsen perangkat wireless melakukan perbaikan pada produk-produk mereka agar kinerjanya menjadi lebih baik. Tentunya untuk mendapatkan update driver tersebut rajinlah untuk melihat informasi yang mungkin bisa anda dapat dari situs web mereka.
  • Kemudian akan lebih baik, jika penggunaan perangkat yang ada berasal dari merek vendor yang sama agar menghasilkan kekuatan sinyal yang baik karena masing-masing peralatan telah kompatibel satu sama lain.
  • Mengubah channel pada wireless router juga dapat menjadi cara memperbaiki kekuatan sinyal pada wireless anda. Apabila sinyal wireless lemah coba untuk mengganti channel access point lewat halaman konfigurasi. Di sini anda tidak perlu juga mengganti konfigurasi pada komputer anda, karena dengan sendirinya akan mendeteksi channel baru yang telah dirubah.
  • Langkah terakhir yang patut untuk anda coba apabila cara-cara sebelumnya belum juga berhasil adalah dengan meng-uprade sistem. Anda dapat meng-upgrade jaringan nirkabel dari 802.11b (merupakan standar umum dari jenis jaringan nirkabel) kepada 802.11g yang memiliki kecepatan lima kali lebih cepat dari sistem 802.11b. Tentunya jika anda hendak melakukan hal ini harus terlebih dahulu mengganti perangkat wireless tersebut agar kompatibel dengan sistem jaringan 802.11g, karena sistem jaringan 802.11b hanya kompatibel dengan perangkat yang mendukung sistem ini (802.11b) begitupun sebaliknya.

Oleh : Roma Doni
Sumber Gambar :
http://a-ndroidgadget.blogspot.com/2014/03/cara-membuat-konektivitas-peer-to-peer.html
Referensi :
http://randismk.wordpress.com/memperluas-jangkauan-dan-kekuatan-jaringan-wireless-anda/
http://www.jaringankomputer.org/cara-meningkatkan-jangkauan-jaringan-wireless/

Post a Comment

Previous Post Next Post