Cara Membuat Jaringan Komputer Menggunakan Wifi Ad Hoc

Tahukah Anda? Ternyata perangkat wireless pada laptop Anda tidak hanya berfungsi untuk menghubungkan laptop dengan jaringan internet. Akan tetapi juga bisa digunakan untuk menghubungkan dua komputer secara langsung (computer to computer). Hubungan ini memungkinkan terjadinya komunikasi ataupun transfer data antar dua komputer atau lebih. Bagaimana hal itu bisa terjadi? Inilah yang akan kita bahas dalam tulisan ini yaitu cara membuat jaringan komputer menggunakan Wifi Ad Hoc, yang kemudian disebut dengan Jaringan Wifi Ad Hoc.

Jaringan Wifi Ad Hoc

Sebelum melangkah jauh membahas jaringan Wifi Ad Hoc, yuk terlebih dahulu kita kenali apa yang dimaksud dengan jaringan. Jaringan, kata dasarnya adalah ‘jaring’. Anda pernah melihat jaring? Jaring laba-laba misalnya. Di sana Anda akan melihat ada hubungan sambung menyambung dan saling berkait antara satu benang dengan benang lain yang membentuk jaringan laba-laba. Tampak terpisah tapi sebenarnya terhubung (menyatu). Demikianlah kira-kira gambaran tentang jaringan. Jaringan merupakan sesuatu yang menghubungkan benda satu dengan benda lain, perangkat satu dengan perangkat lain, manusia satu dengan lainnya atau kelompok satu dengan lainnya. Namun, dalam hal ini yang akan dibahas adalah jaringan yang menghubungkan antara perangkat atau teknologi komputerisasi.

Lalu, apa yang dimaksud dengan jaringan Wifi Ad Hoc? Jaringan Wifi Ad Hoc adalah sebuah jaringan nirkabel dengan teknologi wifi yang memungkinkan dua atau lebih device (komputer) bisa terhubung (saling berkomunikasi satu sama lain) secara langsung tanpa melalui Acces Point (AP). Sehingga, ketika Anda ingin memindahkan data dari satu komputer ke komputer lain tidak perlu lagi menunggu akses jaringan internet atau kabel data yang merepotkan.

Langkah-Langkah Membuat Jaringan Wifi Ad Hoc

Lalu, bagaimana cara membuat jaringan Wifi Ad Hoc. Langkah awal tentu saja Anda perlu menyediakan perangkat komputer atau laptop yang memiliki perangkat wireless. Jangan khawatir, hampir semua produk laptop/netbook saat ini sudah dilengkapi dengan wireless. Selanjutnya ikuti langkah-langkah berikut!

Step 1: Nyalakan perangkat komputer Anda, buka control panel, kemudian klik ‘Network and Sharing Center’ (lihat gambar)


Step 2: Maka akan muncul seperti gambar berikut. Silahkan klik ‘Set Up a New Conection or Network’. (lihat yang ditandai lingkaran merah pada gambar)



Step 3: Selanjutnya muncul jendela seperti di bawah ini. Pilih ‘set up a wireless ad hoc (computer to computer)’, kemudian klik next.



Step 4: Muncul jendela seperti gambar berikut. Klik next!



Step 5: Muncul jendela yang meminta nama network dan security. Ketik nama network yang Anda inginkan. Misalnya: Aura Comp. Kemudian untuk tipe security pilih WPA2-Personal. Pada Security key masukkan kode yang Anda inginkan. Kode ini nantinya akan dijadikan sebagai password komputer lain untuk masuk dalam koneksi jaringan Wifi Ad Hoc yang telah anda buat ini. Selesai? Yak, lanjut klik next! Proses setting sedang berlangsung.



Step 6: Finish! Jaringan Wifi Ad Hoc siap digunakan!



Sekarang, Anda bisa menggunakan jaringan Wifi Ad Hoc untuk menghubungkan dua atau lebih perangkat komputer yang dilengkapi dengan perangkat wireless. Jika komputer Anda sudah terhubung dengan jaringan Wifi Ad Hoc yang sudah dibuat, Anda bisa saling bertukar data ataupun perangkat keras yang terhubung dengan salah satu komputer. Misalnya printer, modem dan lainnya. Nah, Anda tertarik untuk mencoba cara membuat Jaringan Komputer menggunakan Wifi Ad Hoc ini?

Oleh : Neti Suriana

Post a Comment

Previous Post Next Post