Internet Akan Lebih 'Manusiawi' di Masa Datang


Internet tengah memasuki babak baru dalam perkembangannya. Setelah berhasil menghubungkan 3 miliar lebih manusia di bumi, sekarang internet bergerak menuju arah baru yang disebut the humanized internet. Internet akan menjadi lebih manusiawi, dan akan lebih memanusiakan manusia.

Konektifitas Awal Dari Segalanya

Babak awal dalam perkembangan internet adalah tentang konektifitas. Dalam hal ini internet telah berhasil menghubungkan miliaran titik - titik di bumi. Alat komunikasi telah berfungsi, dan manusia terhubungkan.

Sebagai akibatnya konektifitas memungkinkan pertukaran data antar mesin yang digunakan oleh manusia, pertukaran data berukuran besar, dan peralatan mobile. Kemudian lahirlah  internet of things ( IoT ).

Dari sebuah fungsi dasar konektifitas, internet telah merubah banyak cara komunikasi manusia dengan manusia. Ketersediaan informasi, kecepatan komunikasi sampai dengan kuantitas komunikasi berubah. Internet telah merampungkan revolusi cara komunikasi antara manusia dan manusia.

Perubahan Cara Interaksi Manusia Dengan Mesin Segera Di Mulai

Konektifitas internet berkembang. Faktor selanjutnya yang ikut berubah pada saat terhubung dengan internet adalah cara seseorang berinteraksi dengan alat komunikasinya. Fitur - fitur alat akan berubah dengan tujuan agar interaksi lebih manusiawi. Aplikasi - aplikasi akan lebih memahami pola kebutuhan penggunanya. 

Tanda - tanda  ini bisa dilihat dengan pesatnya perkembangan aplikasi - aplikasi pintar. Ada Smart App Contact, Smart Account, Siri dan produk lainnya merupakan bukti bahwa arah perkembangan applikasi internet menuju ke arah pemahaman terhada pola kebutuhan usernya.

Pada fitur dan fungsi alat komunikasi, vendor - vendor mulai beralih untuk menambahkan fungsi - fungsi smart pada gadget yang ditawarkan. Ada smart sense dari ZTE misalnya. Hanya dengan menggerakkan pergelangan, alat bisa dengan sendirinya bisa menjalankan aplikasi tertentu seperti menyalakan lampu senter, menghidupkan musik dan sebagainya. 

Fakta -fakta tersebut adalah suat tanda bahwa humanized internet mulai muncul dan akan berkembang. Interaksi manusia dengan alat komunikasi akan semakin natural dan manusiawi. 



Post a Comment

Previous Post Next Post