Definisi: Apakah pengertian Internet of Things

Internet of thing adalah tentang pengiriman data antar  obyek - obyek melalui jaringan internet. Obyek disini bisa apa saja. Bisa binatang, tumbuh - tumbuhan, benda dan manusia. Agar bisa menerima atau mengirimkan data obyek-obyek ini diberi kemampuan  dengan memasangkan alat -alat tertentu. Alat - alat tersebut adalah berupa barang elektronik, software, sensor, dan instrument agar bisa terhubung dengan internet.

Jadi internet of thing adalah sebuah lingkungan ( environment ) dimana semua obyek - obyek yang ada pada lingkungan tersebut mampu menerima atau mengirim data ( data exchange ) dengan menggunakan internet sebagai medianya.

Ilustrasi internet of things:



Melalui ilustrasi gambar dapat lihat bahwa obyek - obyek seperti mobil, mesin cuci, kulkas, smartphone dan lain - lainya saling terhubung melalui internet. Ini memungkinkan pertukaran data antar obyek tersebut.

Dengan lingkungan dimana semua alat - alat telah terhubung ini akan memungkinkan, misalnya, smartphone menerima data dari mobil yang memberitahukan posisinya.Sehingga user bisa mengetahui lokasi mobil apakah berada ditempat seharusnya.



Next read:

- Bagaimanakah Cara Internet of Thing Dapat Mempermudah Anda

Post a Comment

Previous Post Next Post