Sebelum Melakukan 'Facebook Like', Ada Baiknya Anda Mengetahui Hasil Penelitian Ini

Banyak dari kita pasti pernah melakukan facebook like. Tapi, seberapa sadarkah kita bahwa dengan melakukan itu berarti kita tengah membukakan lebar - lebar kepada komputer tentang diri kita sesungguhnya? Berikut hasil penelitian di balik 'facebook like' yang kita lakukan.

Komputer Lebih Pintar  Dari Manusia Dalam Menentukan Kepribadian Seseorang

Dengan data dan suatu algoritma komputer dapat menilai kepribadian seseorang. Data bisa diperoleh dari 'like' yang kita lakukan. Telah dilakukan percobaan untuk menguji kemampuan manusia dan komputer dalam menilai kepribadian. Data yang diberikan kepada masing - masingnya sama. Hasilnya, komputer lebih baik.

Mengapa bisa demikian?

Komputer memiliki kemampuan mengkombinasikan jutaan data sementara manusia tidak mampu melakukan hal ini. Konsistensi komputer juga menjadi nilai tambah, karena hasil penilaian menjadi tidak bias

Akurasi Penilaian Kepribadian Seseorang Terkait Facebook Like

Komputer hanya membutuhkan 10 facebook like untuk mengalahkan teman kerja anda yang tidak terlalu dekat, dalam menilai kepribadian anda. Untuk mengalahkan sahabat dekat anda, komputer membutuhkan 70 like sebagai data untuk di proses. Selanjutnya dengan 250 like, komputer akan lebih mengenal anda di banding istri anda.

Untuk membuktikan hal ini, penelitian dilakukan dengan melibatkan 50.000 orang, yang diminta untuk menilai kepribadian satu sama lainnya. Suami - istri diminta untuk menilai kepribadian pasangannya. Teman kerja, sahabat dekat serta jenis kedekatannya di libatkan pada penelitian ini. Kemudian hasil dibandingkan dengan penilaian komputer yang menilai orang - orang tersebut dari 'facebook like' yang mereka lakukan. Hasilnya komputer lebih akurat dalam menilai seseorang. Apabila data - data seperti browsing history, data pembelian online serta footprint lainya dimasukkan, hasil komputer akan jauh lebih akurat lagi. 

Melalui Hasil Penilaian Kepribadian, Banyak Hal Bisa Dilakukan Terhadap Anda

Mengetahui ketertarikan anda, iklan - iklan yang ditujukan kepada anda bisa ditentukan. Anda akan disodorkan ads berdasarkan ketertarikan politik anda, produk makanan yang anda sukai atau bahkan jenis pasangan yang anda idamkan. Ini sangat penting buat perusahaan - perusahaan.

Di sisi lain, informasi juga bisa disalahgunakan. Termasuk informasi tentang diri anda ini. Sehingga sebaiknya berhati - hati, dan jangan terlalu membuka diri di dunia Internet.

Untuk facebook, sebenarnya fitur private sudah disediakan pada settingan agar like anda terlihat oleh public. Hanya saja, fitur ini tidak terlalu 'disosialisakan', sebabnya tentu saja kita bise menebak. Media sosial seperti facebook, hidup dari periklanan. Jadi data user menjadi penting bagi mereka.


Post a Comment

Previous Post Next Post