Bagaimana Cara Internet of Things Dapat Mempermudah Anda?

Apakah kira - kira yang terlintas di pikiran anda apabila benda - benda di sekitar anda tiba - tiba bisa anda kendalikan melalui smartphone anda? Seandainya ada alat yang bisa memantau pola pernafasan atau suhu tubuh bayi anda dari waktu ke waktu dan bisa memberitahu anda apabila ada ketidaknormalan, bukankah itu akan mempermudah anda?

Ke depan, kita akan segera melihat semua benda - benda disekitar terhubung ke Internet. Melalui, smartphone yang kita miliki, benda - benda tersebut akan berinteraksi dengan kita. Dengan Internet of Thing, benda - benda akan menjadi lebih pintar. Mobil akan menjadi mobil pintar. Rumah akan menjadi rumah pintar. Semuanya akan menjadi benda - benda pintar.

Apabila banyak benda telah menjadi pintar, tentu saja hidup kita akan menjadi lebih mudah. Kepintaran membuat hidup lebih mudah dan nyaman. Teknologi internet of thing menawarkan ini kepada kita semua. Anda akan dikelilingi oleh benda - benda pintar.

Berikut beberapa hal dalam keseharian anda yang bisa berubah disebabkan oleh Internet of Things:

  1. Anda akan menerima pesan dari mobil pintar anda yang berisi sudah saatnya anda mengganti oli.
  2. Dokter anda akan mengetahui apabila anda lalai minum obat. Kondisi kesehatan anda seperti kadar gula, tekanan darah serta parameter lainnya bisa terpantau dari jarak jauh oleh dokter. Dokter anda dapat memberikan advice dan mungkin memberikan resep kepada anda. Smart Health akan mengurangi waktu berkunjung ke dokter.
  3. Thermostat akan mengetahui keberadaan anda di rumah. Apabila tidak ada seorangpun yang ada dirumah, alat ini akan mematikan alat - alat seperti AC, Lampu atau apa saja yang anda inginkan untuk dimatikan. Ini akan menghemat pengeluaran anda. 
  4. Orang tua akan selalu bisa memantau kondisi bayinya. Apabila terjadi kondisi abnormal pada bayi anda, seperti suhu tubuh yang naik atau nafas tidak teratur, anda akan diberitahu secara real time. Ini akan membuat anda lebih nyaman, terlebih jika anda memang seorang wanita karir.
  5. Sistem transportasi akan jadi lebih pintar. Traffic Light bisa diatur berdasarkan kepadatan. Sehingga dapat mengurangi kemacetan. Apabila ada mobil ambulan yang mendekat dari suatu arah atau pemadam kebakaran, traffic light bisa di atur agar mobil - mobil tersebut bisa lewat dengan cepat
Hal di atas hanya beberapa contoh saja. Masih banyak lagi yang akan berubah dalam keseharian anda disebabkan karena internet of thing. Smartphone akan menjadi remote control bagi anda untuk memantau banyak hal. Internet of this akan membuat anda semakin mobile dan bisa mengerjakan banyak hal sekaligus.

Post a Comment

Previous Post Next Post