Cara Custom Domain Blogspot Menjadi Domain Langsung Di Niagahoster.Com

Berhubung saya gres saja melaksanakan custom domain salah satu blogspot saya di niagahoster.com, maka kali ini saya akan menguraikan bagaimana cara custom domain blogspot di niagahoster untuk menghubungkan alamat blog berflatform blogspot anda ke nama domain yang anda register di niagahoster, sehingga dengan melaksanakan custom domain  nama domain blog yang awalnya .blogspot.com sanggup diakses dengan nama domain pribadi dengan ektensi .com, .co.id, .net dll.

Custom domain dari blogspot menjadi domain pribadi mungkin untuk sebagian orang sangatlah ringan, namun untuk pemula tampaknya akan mengalami kesulitan, bahkan untuk yang sudah usang berkecimpung di dunia blog pun sanggup saja akan dibentuk bingung. sanggup alasannya yaitu lupa atau sanggup juga alasannya yaitu resah dengan tampilan pengelola custom domain yang disediakan oleh pengelola hosting.

Berhubung saya gres saja melaksanakan custom domain salah satu blogspot saya di niagahoster Cara Custom domain blogspot menjadi domain pribadi di Niagahoster.com


Oleh alasannya yaitu itu untuk menawarkan isu pemanis kepada anda yang ingin melaksanakan custom domain di niagahoster.com, maka melalui artikel saya akan menguraikan bagaimana langkah-langkah cara custom domain blogspot menjadi domain pribadi di niagahoster.com

Pertimbangan Saya menentukan niagahoster untuk membeli domain dikarenakan harga domain di niagahoster.com cukup murah jikalau dibandingkan dengan beberapa penyedia hosting yang saya bandingkan beda-beda dikit lah, selain itu banyak yang menawarkan testimoni bahka niagahoster layak untuk digunakan.

Atas pertimbangan tersebut jadinya saya tetapkan untuk membeli domain gres untuk custom domain salah satu blog berflatform blogspot yang saya miliki, dengan alasan semoga blog saya lebih dipercaya oleh pengunjung.

Persiapan sebelum Custom Domain

Sebelum melaksanakan custom domain langkah pertama yang harus anda lakukan yaitu membeli nama domain terlebih dulu.

Oh ya untuk custom domain blogspot menjadi domain pribadi di niagahoster anda hanya perlu membeli nama domain saja tanpa hosting, alasannya yaitu file hosting blogspot tetap adanya di hosting google, jadi sekali lagi cukup membeli nama domain saja yang harganya kurang dari Rp. 150.000

Untuk membeli nama domain di niagahoster anda sanggup mengunjungi situs niagahoster.com, silahkan lakukan pengecekan nama domain yang ingin anda gunakan, pastikan nama domain valid dan belum ada yang menggunakan, kemudian jikalau domain sanggup digunakan, lanjutkan dengan pembelian domain tersebut.

Tugas anda selanjutnya sesudah nama domain anda aktif yaitu mengarahkan alamat blogspot anda ke nama domain yang anda beli.

Di artikel kali ini saya tidak akan menjelaskan secara panjang lebar bagaimana cara membeli domain, saya yakin anda sudah tau caranya, apa yang akan saya uraikan fokus untuk melaksanakan custom domain saja.

Langkah-langkah custom domain blogspot menjadi domain pribadi di niagahoster.

Untuk custom domain blogspot menjadi domain pribadi, apa yang harus anda lakukan yaitu menginput alamat CName dan alamat A Record di pengelolaan DNS yang disediakan oleh pengelola hosting.

Alamat CName sanggup anda peroleh di pengaturan akun blogspot anda, sedangkan alamat A Record sudah ditentukan oleh google.

Langkah-langkahnya yaitu sebagai berikut:

1. Siapkan nama domain aktif yang sudah anda daftarkan di niagahoster (misal: domaingue.com)

2. Masuk ke halaman akun blogspot anda yang ingin di customisasi.

3. Di akun blogspot anda, pergi ke pengaturan > Dasar, kemudian pada bab Publishing, silahkan anda klik  goresan pena + Setup 3rd Party URL for your blog.


Kemudian pada blogaddress untuk kolom http://, silahkan masukan nama domain yang sudah anda daftarkan di niaga hoster.

Oh ya ingat, nama domain yang dimasukan harus menggunakan www., misalkan www.domaingue.com. kemudian tekan tombol save, maka akan muncul tampilan Error ibarat gambar di bawah ini:



Jangan dulu panik, alasannya yaitu itu normal, pada tampilan error tersebut akan ditampilkan 2 alamat CName blogspot anda yang nanti akan diinput di DNS managemen di niagahoster.

Oh ya alamat  C Name blospot anda sanggup dilihat ibarat pada gambar di atas yang diberi kotak merah.

Silahkan catat 2 alamat  C Name tersebut atau siapkan untuk dicopy-pate, bentuk 2 alamat CName yang harus anda catat kurang lebih misalnya ibarat berikut:

www                                    ghs.google.com

a7ydk4vwh2xi             gx-o6g2s6lkxyzxhpj.dv.googlehosted.com

Setelah anda mendapat data CName blog anda selanjutnya kita masukan alamat terebut di DNS Management niagahoster.com

4.  Login ke pengelolaan domain Niagahoster.com
Selanjutnya menuju situs niagahoster.com, kemudian silahkan anda login, Pada halaman pengelolaan domain niagahoster, pilih sajian Hosting and Domain  kemudian pilih tab DNS Management


di halaman DNS Management, silahkan Catat (atau copy paste) 4 daftar Alamat name server yang muncul di halaman tersebut, ibarat terlihat di gambar di atas.

5. Selanjutnya pilih tab Name server, kemudian input ke 4 name server dari DNS Management tersebut, pada kotak Nameserver1,2,3,4 yang disediakan, kurang lebih hasilnya akan terlihat ibarat gambar di bawah ini:


Tekan tombol Update jikalau sudah dimasukan.

6. Kembali pilih tab DNS Management, kemudian scroll ke bab bawah kemudian tekan tombol Add Record

Masukan satu persatu ke 2 alamat CName dari blogspot yang sudah kita catat sebelumnya:
CName ke 1:

  • Record Type: Pilih CName
  • SubDomain: masukan www
  • Hostname: ghs.google.com
  • TTL:14400

ibarat terlihat di gambar di bawah ini:


CName ke 2:

  • Record Type: Pilih CName
  • SubDomain: masukan isyarat misal a7ydk4vwh2xi (sesuaikan dengan isyarat di blog anda       .
  • Hostname: gx-o6g2s6lkxyzxhpj.dv.googlehosted.com
  • TTL:14400



7. Selanjutnya Masukan juga data A Record dari google
Data A Record untuk customisasi blog berflatform blogspot sudah ditentukan oleh google dengan alamat:
  • Hostname : @
  • Type: A Record
  • Address: 216.239.32.21
  • Hostname: @
  • Type: A Record
  • Address: 216.239.34.21
  • Hostname : @
  • Type: A Record
  • Address: 216.239.36.21
  • Hostname: @
  • Type: A Record
  • Address: 216.239.38.21

Silahkan masukan ke 4 A Record tersebut satu persatu.

Jika data CName dan ARecord sudah dimasukan, maka hasilnya kurang lebih akan kelihatan ibarat gambar di bawah ini:



8. Selanjutnya kembali ke akun blogspot anda,  Pada sajian Settings / Pengaturan > Basic / Dasar, Silahkan anda tekan tombol Save hingga tidak terjadi error.

Oh ya, terkadang Ketika menekan tombol Save masih saja error, solusinya:
  • Pastikan data C Name dan A Record yang di input di DNS Management niagahoster.com benar.
  • Tunggu beberapa jam, saya pribadi menunggu hingga tidak eror dan sanggup tersimpan hingga 60 menit, beberapa kasus sanggup saja eksklusif sukses.
Jika sudah sukses maka akan tampil ibarat gambar dibawah ini:


9. Selanjutnya klik pada Link Edit kemudian centang opsi Redirect namadoian.com to www.namadomain.com



Opsi tersebut bertujuan semoga saat pengguna mengetikan namadomain.com akan diredirect atau diteruskan menjadi www.namadoian.com otomatis.

Tekan tombol Save jikalau sudah selesai.

10. Aktifkan Fitur HTTPS
Saat ini blogspot sudah menyediakan fitur ssl https untuk custom domain, sehingga blog anda akan sanggup diakses menggunakan https://www.namadomainanda.com.

Fitur https penting baik untuk mata mesin pencari maupun di mata pengunjung, apalagi untuk blog-blog penjualan.

Langkah untuk mengaktifkan https, cukup dengan menentukan YES pada opsi HTTPS Avaigoyahity di pengaturan blogspot anda.



Warning:

Jika anda mengaktifkan fitur https maka pastikan template blog anda support dengan https, alasannya yaitu jikalau tidak maka fitur https tidak akan berjalan dengan baik,

Pastikan sumber daya yang dipakai di bloganda, ibarat external css, gambar link menggunakan https:...

Jika langkah-langkah di atas sudah anda lakukan, maka domain blog anda yang usang saat diakses akan di arahkan ke alamat custom domain anda.

11. Cek alamat blog anda.
Silahkan cek nama domain blog gres anda, jikalau belum terbuka itu artinya masih dalam proses propagasi domain, silahkan dinantikan saja beberapa hari.

Apa saja yang harus dilakukan sesudah custom domain ?

Umumnya sesudah custom domain visitor akan turun dalam beberapa hari, hal-hal yang harus anda lakukan yaitu sebagai berikut:

1.Rajin memposting artikel

2. Memeriksa template blog anda, pastikan saat di jalan masuk dengan https://namablog_anda.com muncul icon gembok berwarna hisju di address bar.

Jika muncul https dicoret merah itu artinya template blog anda tidak support, biasanya ada sumberdaya ekternal ibarat alamat gambar, css, link atau javascript yang menggunakan http: silahkan ganti saja dengan sumberdaya serupa yang menggunakan alamat https.

3. Registrasi ulang di webmastertool dengan menggunakan alamat www.namablog_anda.com.

Baca juga: Tips mengebalikan trafik sesudah custom domain

Semoga uraian artikel di atas sanggup menawarkan isu kepada anda bagaimana cara melaksanakan custom domain blogspot menjadi domain pribadi di layanan hosting niagahoster.
Sumber http://www.strukturkode.blogspot.com

Post a Comment

Previous Post Next Post