BIRD INTERNET ROUTING DAEMON (BIRD)

BIRD Internet Routing Daemon atau yang biasa disingkat BIRD merupakan sebuah implementasi dari TCP/IP routing daemon yang dikembangkan khusus untuk sistem UNIX. BIRD merupakan aplikasi open source yang dikembangkan sebagai sebuah proyek kuliah di Fakultas Matematika dan Fisika Universitas Charles, Praha.

Perintis BIRD yaitu tiga orang mahasiswa yang bernama Martin Mares, Pavel Machek dan Ondrej Philip dan saat ini BIRD sudah didistribusikan di bawah GNU General Public License.

Meskipun tidak terlalu populer, BIRD digadang-gadang memiliki keunggulan lebih dibanding aplikasi sejenis yang sebelumnya sudah beredar di pasaran. BIRD mendukung IPv4 dan IPv6 sekaligus, selain itu juga dapat digunakan untuk fasilitas multiple routing tables. Berbagai protokol jaringan juga dapat dibuat dengan BIRD, antara lain BGP, RIP dan OSPF.

BIRD sudah digunakan di beberapa kalangan dengan alasan memiliki skalabilitas lebih baik dibanding Quagga yang sebelumnya sempat populer di kalangan penyedia layanan internet. Hal ini dibuktikan pada tahun 2010, CZ.NIC yang merupakan sponsor BIRD, mendapat penghargaan untuk kontribusi BIRD di dunia. Berdasarkan data survei 2012 Euro-IX, BIRD merupakan aplikasi route server yang paling banyak digunakan di Eropa.

Desain BIRD

BIRD sudah digunakan di beberapa kalangan dengan alasan memiliki skalabilitas lebih baik dibanding Quagga yang sebelumnya sempat populer di kalangan penyedia layanan internet.



BIRD mengimplementasikan sebuah internal tabel routing yang mendukung banyak protokol. Hampir semua dari protokol tersebut menerima rute jaringan untuk tabel routing internal yang dimilikinya dan juga mengirim rute jaringan dari tabel routing internal yang dimilikinya.

BIRD juga mendukung filter yang digunakan untuk mengatur rute jaringan yang dikirim maupun diterima oleh protokol jaringan. Rute-rute tersebut bisa saja diterima, ditolak atau dimodifikasi menggunakan fungsi filter.

Konfigurasi BIRD dilakukan di file konfigurasi yang otomatis akan mengatur perilaku aplikasi BIRD di komputer pengguna.

Konfigurasi BIRD

Dalam mengonfigurasi BIRD agar berjalan sesuai keinginan, pengguna menggunakan jenis konfigurasi teks. File konfigurasi terletak di direktori /etc/bird.conf otomatis setelah aplikasi diinstall.

Dalam file konfigurasi, semua teks yang ada di garis setelah tanda # atau di dalam tanda /* */ dianggap sebagai sebuah komentar sehingga tidak akan dieksekusi. Apabila terdapat beberapa variabel maka ditulis di dalam tanda { } dan diakhiri dengan ;. File konfigurasi dalam BIRD juga bersifat case sensitive sehingga perlu teliti dalam penulisannya.

Di bawah ini merupakan sebuah contoh konfigurasi sederhana yang berjalan di BIRD. Konfigurasi ini membuat mesin dapat melakukan sinkronisasi tabel routing dengan kernel OS, memindai antarmuka jaringan baru tiap 10 detik dan menjalankan RIP untuk semua antarmuka yang ditemukan.

protocol kernel {
persist;
scan time 20;
export all;
}

protocol device {
scan time 10;
}

protocol rip {
export all;
import all;
interface "*";
}

Masih banyak sekali contoh konfigurasi yang dapat diterapkan dan mempermudah kita dalam pengelolaan sebuah jaringan. BIRD dapat diunduh gratis dan dipelajari di halaman resminya, http://bird.network.cz/.

Oleh: Arena Bayu
Sumber Gambar: http://freecode.com/projects/bird

Post a Comment

Previous Post Next Post